Tuesday 21 February 2012

Contoh Laporan Praktek Pengalaman Lapangan [PPL]


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Perguruan tinggi merupakan tempat dimana para mahasiswa dibekali ilmu yang suatu  saat dapat diaplikasikan kedalam dunia kerja. Namun kerap kali yang terjadi saat ini adalah kurang selarasnya kurikulum yang diajarkan di bangku kuliah dengan dunia kerja sehingga mahasiswa yang telah memiliki bekal keilmuan yang baik sekalipun apabila tidak mempunyai pengetahuan dan memahami lingkungan kerja maka akan mengalami kesulitan ketika beradaptasi dengan dunia kerja yang sesungguhnya.
Konsep Praktek Pengalaman Lapangan atau Internship, sudah dikenal sejak lama sebagai suatu sarana pelatihan diri untuk mengaplikasikan keilmuan yang sudah di dapat di bangku kuliah sehingga mahasiswa akan mendapat kesempatan untuk mengembangkan cara berpikir, menambah ide-ide yang berguna dan semakin memahami yang terjadi di lapangan. Harapan jangka panjangnya mahasiswa akan mampu mempersiapkan diri dalam dunia kerja terlebih lagi akan mampu menciptakan lapangan kerja yang baru berdasarkan ilmu dan pengalaman yang telah diperolehnya. Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa pendekatan pelatihan dalam bentuk Praktek Pengalaman Lapangan ini berpengaruh terhadap peningkatan ketrampilan dan sikap kerja keras para pesertanya. Hal ini karena mahasiswa berkesempatan belajar sambil bekerja (learning by doing) sehingga mereka dapat menarik pelajaran dari kekeliruan dan keberhasilan dalam praktek selama Praktek Pengalaman Lapangan.
Mengingat pentingnya hal tersebut maka perguruan tinggi berusaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan cara meningkatkan mutu pendidikan dan menyediakan sarana-sarana pendukung agar dihasilkan lulusan yang handal yang mampu bersaing di era globalisasi ini. Demikian juga dengan STAIN Surakarta khususnya Jurusan Ekonomika dan Bisnis Islam  yang mewajibkan mahasiswanya untuk melaksanakan praktek pengalaman lapangan, sehingga mahasiwa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku perkuliahan ke dalam lingkungan kerja yang sebenarnya.

B.    Alasan Pemilihan Objek
Seperti halnya perusahaan manufaktur, perusahaan jasa atau unit usaha yang bergerak dibidang jasa atau pelayanan juga menarik untuk dipilih sebagai objek praktek pengalaman lapangan. Kalau diperusahaan jasa kita terfokus pada proses bagaimana barang mentah diolah menjadi suatu produk, dimana produk yang dihasilkan jelas wujudnya, sehingga akan lebih mudah dalam mengidentifikasi atau melacak sumber – sumber biayanya, maka lain halnya di perusahaan jasa yang produk yang dihasilkan lebih kompleks dan bersifat “abstrak”. Seperti yang disampaikan oleh Tjiptono( 1996:107) jasa adalah setiap tindakan atau perbuatan yang ditawarkan oleh suatu pihak lain yang pada dasarnya bersifat intangible (tidak berwujud fisik) dan tidak dapat menghasilkan kepemilikan apapun. Maksud dari kepemilikan di sini adalah karena jasa tidak berwujud fisik maka jasa tidak bisa dimiliki tetapi hanya bisa dirasakan dan dinikmati kepuasannya.
Rumah sakit merupakan salah satu unit usaha jasa yang memiliki produk pelayanan yang beragam. Variasi produk suatu rumah sakit inilah yang menarik untuk ditelaah. Banyak ilmu akuntansi yang dapat diaplikasikan ke dalam lingkup manajemen rumah sakit. Seperti penentuan tarif rawat inap dan penentuan biaya gizi pasien yang dapat mengaplikasikan materi akuntansi biaya. Pengakuan pendapatan,penetapan gaji dokter dan perawat, metode persediaan obat, inventaris maupun barang lainnya dengan mengaplikasikan akuntansi keuangan. Serta alur penerimaan pasien baik IGD, rawat inap maupun rawat jalan, pengadaan inventaris maupun permintaan persediaan obat yang dapat mengaplikasikan materi sistem informasi akuntansi. Selain itu masih banyak lagi bidang keilmuan dari teori – teori akuntansi yang dapat diaplikasikan dalam rumah sakit.
Selain itu sebagian besar dari peserta PPL umumnya akan lebih memilih mencari tempat PPL dari jenis perusahaann manufaktur, hal ini dikarenakan apa yang di pelajari di bangku kuliah lebih banyak memfokuskan pada perusahaan manufaktur, meskipun pada prinsipnya sama, namun jarang sekali mengambil contoh dari perusahaan jasa.  Hal ini pula yang mendasari mengapa kami memilih perusahaan jasa sebagai tempat pelaksanaan PPL, yaitu agar lebih memahami bagaimana sistem akuntansi yang diterpkan di perusahaan jasa dan agar dapat bertukar pikiran dengan teman – teman yang melaksanakan PPL di perusahaan manufaktur.

C.    Maksud dan Tujuan PPL
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wujud aplikasi terpadu antara sikap, kemampuan dan keterampilan yang diperoleh mahasiswa dibangku kuliah. Dengan mengikuti praktek pengalaman lapangan diberbagai perusahaan dan instansi diharapkan dapat.berguna bagi mahasiswa sebagai sarana untuk mengembangkan kompetensi, mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh, dapat menimba ilmu pengetahuaan, keterampilan dan pengalaman.di lapangan secara langsung sehingga mampu mengatasi masalah-masalh riil yang terjadi secara langsung, sehingga mahasiswa akan lebih mempunyai bekal yang cukup ketika selesai kuliah dan menghadapi dunia kerja yang nyata.

Tujuan PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa STAIN SURAKARTA adalah sebagai berikut :
1.  Untuk menerapkan teori ilmiah yang telah dipelajari dari bangku perkuliahan terhadap objek yang diteliti di perusahaan.
2.  Untuk mempelajari kondisi / mekanisme di perusahaan, sehingga dapat dengan cepat menyesuaikan diri pada saat terjun ke dunia industri yang sekarang ini semakin berkembang dan maju pesat.
3. Untuk menambah kepercayaan diri dan keberanian serta tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang dipercayakan oleh instansi / perusahaan kepada mahasiswa/i.
4. Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program studi Akuntansi Syariah jurusan Ekonomika dan BIsnis Islam pada STAIN SURAKARTA.

D.    Target Pasca PPL
       1.       Bagi Peserta
Adapun target yang ingin dicapai setelah pelaksanaan praktek pengalaman lapangan bagi peserta adalah :
1. Mahasiswa semakin mengetahui dan mendalami bidangnya, terutama yang berkaitan dengan Sistem Informasi Akuntansi dan  Akuntansi keuangan dan akuntansi biaya.
2. Mahasiswa mempunyai cukup bekal dan pengalaman dalam meningkatkan kemampuan, baik secara akademik maupun kemasyarakatan.
3.  Mahasiswa mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan aplikasi teori dari mata kuliah yang telah didapatkan dari perkuliahan.

       2.       Bagi Perusahaan
Adapun target yang ingin dicapai setelah pelaksanaan praktek pengalaman lapangan bagi perusahaan adalah :
1. Dari hasil laporan PPL diharapkan dapat berguna bagi pihak rumah sakit dalam membantu pengambilan keputusan manajemen dan penentuan  kebijakan.
2. Sebagai sarana bagi perusahaan untuk memanfaatkan ilmu yang dimiliki oleh mahasiswa dalam melakukan penemuan - penemuan terkait dengan permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan serta solusinya.
3. Merupakan salah satu cara untuk mengetahui kemampuan mahasiswa sehingga perusahaan dapat merekrut sumber daya manusia yang sesuai dengan kemampuan dan keahliannya. 

Silakan tinggalkan komentar untuk mendapatkan versi penuhnya. Terima kasih

19 comments:

  1. Untuk versi penuhnya bisa kirim di sahabalit@gmail.com gan,,lagi butuh buat bikin laporan PPL,,,pusing nih,,mohon bantuannya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, jarang cek komentar gan... dah kadaluarsa ya jika saya kirim sekarang? hehe

      Delete
  2. butuh versi penuhnya nih gan,,,,,, ane musti gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih butuh gak gan? maaf baru cek komentar

      Delete
  3. saya jg mau gan.. bulan depan ppl nih buat pembelajaran aja hehe kirim ke email ya gan adenophit11@gmail.com . makasih sebelumnya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirim email saya broo...lagi butuhh
      vihriwarwer@gmail.com
      makasihh

      Delete
  4. mau dunk versi penuhnya. imei_chunsay@ymail.com

    ReplyDelete
  5. GAN BISA KIRIM VERSI PENUHNYA G??? KE INOEL_BLACK@YAHOO.COM

    ReplyDelete
  6. mantap gan..mau dong versi sepenuhnya kirim ke dinnug76@gmail.com thanks

    ReplyDelete
  7. gan mau dong versi penuhnya, kesini rahmayanti100@gmail.com ya pliiissss

    ReplyDelete
  8. mbak boleh minta versi penuh tolong kirim ke ais.aisyahindri@gmail.com

    ReplyDelete
  9. kak boleh minta versi penuhnya , tolong send ke emachrystiana66@gmail.com, terimakasih

    ReplyDelete
  10. Minta dong gan rifaihabibi582@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Minta Yg fullnya dong.. 😉

    ReplyDelete

  12. Minta Yg fullnya dong.. 😉
    azis_maulana83@yahoo.com

    ReplyDelete

Mohon komentar sahabat demi kemajuan blog ini.
Terima kasih ^^

Followers