Tuesday 7 February 2012

Sejarah Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam [FoSSEI]


Geliat perkembangan Ekonomi Islam di kalangan mahasiswa sudah terlihat dari sebelum tahun 2000. Terdapat kajian-kajian Ekonomi Islam di perguruan tinggi-perguruan tinggi besar di Indonesia seperti di Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan beberapa universitas-universitas lainnya di Indonesia. Hal tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa muslim yang concern terhadap Ekonomi Islam mulai menunjukkan eksistensinya dalam perkembangan Ekonomi Islam di Indonesia.
Pada bulan Januari tahun 2000, Universitas Diponegoro melakukan inisiatif untuk mengundang UI, Unpad, UGM, UNS, Unibraw, dan Unair untuk membicarakan jaringan bersama kajian Ekonomi Islam. Pertemuan pertama yang dilakukan di Semarang dihadiri oleh tujuh universitas tersebut menyepakati diperlukannya suatu wadah bersama dalam pergerakan Ekonomi Islam di tingkat mahasiswa di Indonesia. Untuk menindaklanjuti pertemuan pertama maka diadakan pertemuan kedua di Universitas Indonesia. Pada pertemuan kedua ini di Jakarta menghasilkan bentuk dan mekanisme wadah organisasi yang akan dibentuk.
Pada tanggal 11-13 Mei 2000 diadakan Kongres Kelompok Studi Ekonomi Islam (KoKaSEI) pertama di Universitas Diponegoro, bertempat di Balai Latihan Koperasi (BALATKOP) Semarang. Pertemuan ini dihadiri 70 perguruan tinggi di Indonesia. Berdasarkan aspirasi peserta, nama KoKaSEI diganti menjadi Munas KSEI (Musyawarah Nasional Kelompok Studi Ekonomi Islam). Hasil Munas KSEI menghasilkan kesepakatan dan dideklarasikannya wadah bersama bernama FoSSEI (Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam) pada tanggal 13 Mei 2000. Munas KSEI juga dihasilkan badan pekerja untuk menyelenggarakan Munas I FoSSEI untuk membentuk kelembagaan yang baik. Munas I FoSSEI pada bulan April 2001 diselenggarakan oleh IAIN Syarif Hidayatullah sebagai tuan rumah, bertempat di Ragunan Jakarta, dihadiri oleh kurang lebih 40 perguruan tinggi di Indonesia. Pada Munas I ini telah terpilih 5 orang Presidium Nasional yang bertugas untuk menjalankan rekomendasi Munas. 
Salah satu rekomendasi dari Selayang Pandang FoSSEI dan KSEI Munas I FoSSEI yaitu dilaksanakannya Temu Ilmiah Nasional I FoSSEI di Universitas Padjajaran. Acara ini berlangsung pada tanggal 4-6 Mei 2002 bertempat di Wisma KORPRI, Bandung. Sekarang, kita telah memasuki masa-masa kebersamaan yang mulai meremaja. FoSSEI akan memasuki usianya yang kesepuluh di tahun 2010 ini. Makna dan kontribusinya senantiasa dinantikan. Seluruh aktivitasnya, 98 KSEI yang menjadi anggotanya berdasarkan Munas VIII FoSSEI, senantiasa diharapkan memberikan perubahan ke arah yang lebih baik. Jumlah ini, merupakan investasi terbesar yang harus bersinergi bersama, sehingga pencapaian tujuan akan mudah kita raih. Dan tujuan itu adalah membumikan Ekonomi Islam di dunia ini, sebagai bentuk visualisasi dari visi Islam itu sendiri, yaitu: rahmatal lil’alamin.

8 comments:

  1. dulu saya ikut acara kongres pertama di UNDIP th 2000 :)

    ReplyDelete
  2. Wah, subhanallah...
    Ana bru mengenal FoSSEI tahun 2009 ^^

    ReplyDelete
  3. Your welcome ^^
    I just copy this article from FoSSEI's SOP, if I am not false

    ReplyDelete
  4. syukron ceritanya, saya kenal FoSSEI tahun 2014 kemarin dan baru terdaftar di KSEI,.
    semoga menjadi ilmu yang bermanfaat,.
    salam ekonom rabbani!

    ReplyDelete
  5. Bangga jadi kader FoSSEI :D Semangat Ekonom Rabbani..Mari Berbenah Bersama

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah akhirnya udah tau sejarahnya, semoga makin maju kedepannya Amiin

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Mohon komentar sahabat demi kemajuan blog ini.
Terima kasih ^^

Followers