Wednesday 3 April 2013

Contoh Laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Transformatif BAB III


BAB III
PENYUSUNAN RENCANA KEGIATAN
(PARTICIPATORY PLANNING)

Masalah adalah suatu hal yang sangat urgent sekaligus mendasar dalam melakukan sebuah research atau sebuah penelitian. Masalah akan menjadi acuan pokok yang sangat penting yang menjadi assessments yang kemudian akan sangat menentukan langkah selanjutnya dalam penyusunan sebuah kegiatan yang disebut dengan Participation Action Research (PAR). Dengan adanya kegiatan yang disebut dengan research di lapangan atau research langsung terjun ke lapangan, maka diharapkan dalam pelaksanaan kegiatan nanti akan menemukan sebuah masalah ataupun permasalahan-permasalahan yang berguna untuk diteliti dan dipecahkan secara sosial masyarakat.

            Kunden adalah nama salah satu desa yang berada di wilayah kecamatan Bulu kabupaten Sukoharjo. Keberadaan desa ini cukup dekat dengan jalan raya yang menghubungkan antara kota terminal Krisak dan Tawangsari. Selain itu daerah ini dekat dengan tempat pariwisata seperti Batu Seribu yang terletak sebelah timur desa
            Berdasarkan Matrik Rangking dan Pohon Masalah yang telah kami diskusikan dan buat bersama, maka telah dihasilkan kesimpulan-kesimpulan penting yang telah menjadi putusan bersama selama melakukan research pada musim KKT yang berlangsung mulai tanggal   23 Februari 2012 – 26 Maret 2012. Akan tetapi kesimpulan dan putusan tersebut tidak bersifat mutlak karena suatu proses sosial akan selalu bergeser yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu yang terjadi dalam masyarakat. Kondisi sosial akan senantiasa mengalami perubahan dan pergeseran yang secara terus menerus seiring perkembangan zaman yang juga mengalami berbagai perubahan.
            Dari sekian banyak masalah yang telah berhasil kami temukan di dukuh Sumberejo Desa Kunden satu diantaranya adalah  kurangnya perhatian masyarakat terhadap TPA . Konkritnya adalah banyak warga setempat, terutama generasi mudanya yang kurang aktif dalam meningkatkan TPA. Situasi ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan TPA. Sumber daya manusianya tidak bisa mengalami perkembangan yang significant karena generasi muda yang seharusnya berperan penting atas kemajuan desa, memilih untuk merantau ke luar kota.
            Pada penyusunan rencana kegiatan ini kami uraikan informasi hasil setiap teknik PAR untuk analisis masalah dan tujuan serta rencana kerja (Matrik Ranking, Matrik Penyelesaian Masalah, Analisis Pohon Masalah, Analisis Pohon Tujuan dan Matrik Rencana Kerja) yang dilaporkan dengan cara sebagai berikut :
A.    Matrik Ranking Masalah (Papan Catur)
Teknik PAR                           : MATRIK RANKING MASALAH (Papan Catur)
Nama Pemandu (fasilitator)   : KKT kelompok 11
Nama Peserta Diskusi            : Warga Dukuh Sumberejo
Tanggal & tempat                   : 1 Maret 2012 & rumah Bp Yitno
Kegiatan ini kami laksanakan pada tanggal 3 Maret 2012 alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar dan dapat dihadiri oleh beberapa warga yang kami anggap mencukupi untuk berdiskusi mengenai matrik rangking masalah dimana para warga sudah kami jelaskan tentang apa itu yang dimaksud dengan rangking masalah . Sehingga mempermudah kami untuk berdiskusi. Diskusi ini dapat menghasilkan beberapa informasi yang ditemukan oleh peserta diskusi.
MATRIK RANKING MASALAH

Sebab

Akibat
Banyaknya warga yang merantau
Kurangnya pengajar TPA
kemiskinan
Nilai
Banyak warga yang merantau

II
I
3
Kurangnya pengajar TPA
II

II
4
Kemiskinan
I
II


3


Keterangan :
·         I          : pengaruh kecil
·         II        : pengaruh besar
Dari matrik ranking masalah tersebut dapat kita lihat jumlah warga yang merantau mendapat nilai terendah bersamaan dengan permasalahan kemiskinan, dan namun jumlah kekurangan guru TPA berada di peringkat yang tinggi. Maka dari itu kita perlu menyusun matrik ranking penyelesaian masalah yang perlu kita pecahkan bersama dengan warga dan solusinya.
B.     Matrik Penyelesaian Masalah
Teknik PAR                :  MATRIK PENYELESAIAN MASALAH
Nama Pemandu           :  Bp Jumiyo
Nama Peserta Diskusi :  Bp. H. Suparjo, Bp. Ahmad, Bp Budiyono, Bp. Tono, Bp.
                                                  Gandung, Bp. Agus
Tanggal & Tempat       :  3 Maret 2012 & di Masjid Al-Barokah
Matrik penyelesaian masalah ini sebuah lanjutan dari matrik ranking masalah yang kami lakukan pada tanggal 3 Maret 2012 yang menghasilkan beberapa masalah yang ada di Dukuh Sumberejo ini. Sehingga kami harus melakukan perbincangan lagi untuk meninjak lanjuti dari apa yang kami lakukan pada hari sebelumnya. Kami selaku fasilitator menuliskan beberapa keputusan untuk menyelesaikan masalah yang harus kita pecahkan dahulu.

MATRIK PENYELESAIAN MASALAH
Prioritas
Urgensi
Relevansi
Potensi
Kekuatan Tim
Score
Kemiskinan
II
I
I
I
5
Kurangnya Guru TPA
II
II
II
I
7
Banyak Yang Merantau
II
I
II
I
6
Keterangan : I Melambangkan Jumlah Satuan
Melihat Urgensi, Relevansi, Potensi dan kekuatan SDM tim sesuai dengan matrik rangking penyelesaian masalah, maka yang paling mendesak dan memungkinkan untuk diselesaikan adalah tentang motivasi mengenai pentingnya penyediaan pengajar TPA.
C.    Analisis Pohon Masalah dan Tujuan
      Teknik PAR                            :  ANALISIS POHON MASALAH DAN TUJUAN
      Nama Pemandu (fasilitator)    :  KKT Kelompok 11
Nama Peserta Diskusi             : Bp Sutarto, Bapak Fauzi, bapak Radimin
Tanggal & tempat                   : 4 Maret 2012 & masjid Al-Qudus
Analisis pohon masalah dan tujuan kami kerjakan sebagai tindak lanjut dari proses - proses yang kami lakukan sebelumnya demi tercapainya proses – proses yang kami laksanakan di Desa Kunden Dusun Sumberejo selama KKT . Kami selaku fasilitator  memandu diskusi/ perbincangan mengenai analisis pohon masalah dan tujuan, kegiatan ini merupakan tindakan atau akhir dari kegiatan kami dalam proses Dukuh Sumberejo untuk KKT. Akan tetapi ini bukanlah sebuah akhir  dari yang paling akhir untuk mahasiswa dan warga Dusun Sumberejo pada khususnya. Kami bersama beberapa warga mencoba menganalisis pohon masalah yang akhirnya mencapai menghasilkan analisis pohon tujuan.

Keterangan :
A.    Identifikasi masalah utama adalah kurangnya peranan pemuda disebabkan karena kemungkinan para pemuda banyak yang merantau, kurangnya kesadaran dari pemuda dan perhatian dari para orang tua
B.     Akibat dari kurangnya peranan pemuda adalah pengurus TPA kurang, pemuda kurang kreatif sehingga peran pemuda dalam keagamaan dan masyarakat belum maksimal.
C.     Pengurus TPA  yang kurang disebabkan karena banyak pemudanya yang merantau, dan tidak adanya generasi. Sedangkan kurangnya motivasi disebabkan karena tidak adanya penggerak dari pemuda yang ada dan tingkat kesadaran orang tua akan pendidikan Al-Qur’an untuk anak masih kurang. Fasilitas yang tidak me    madai karena tidak adanya kepedulian dari masyarakat sekitar untuk pembangunan masjid.           

D.     MATRIK RENCANA KERJA
      Teknik PAR                            :  TABEL RENCANA KEGIATAN UTAMA
      Nama Pemandu (fasilitator)    :  Tim KKT Kelompok 11
Nama Peserta Diskusi            :  Perangkat Desa, Takmir Masjid, dan Tokoh Masyarakat
      Tanggal & Tempat                  :5 Maret 2012 & Masjid Al Qudus


 


MATRIK RENCANA KERJA
No
Masalah
Sasaran
Tujuan
Kegiatan
Indikator




Hasil
Proses
Alat Verifikasi
Asumsi
Waktu
Anggaran
1

Kurangnya peranan pemuda dalam TPA


Muda – mudi dan orang tua dapat bekerja sama


Peran pemuda untuk lebih aktif dan lebih didukung dalam membangun TPA
Mengadakan kegiatan – kegiatan yang bermanfaat
   Muda – mudi dapat aktif dalam mengembangkan TPA.



Mengadakan rapat
Sarana dan prasarana kegiatan



Muda – mudi dapat kreative dan dapat mengembangkan bakat masing -masing
Minggu, 11 Maret 2012
100.000
2
Guru Ngaji yang kurang

Remaja masjid mampu dan mau mengelola dan mengembangkan TPA
Regenerasi Pengajar TPA
Mengumpulkan Pengajar TPA
adanya pengajar TPA

mengadakan pertemuan dengan ustadz/ustadzah
 tempat pertemuan

 Para pengajar dari dukuh lain ini bisa istiqomah untuk mengajar dan terus mengembangkan TPA.
Minggu pertama dan kedua ketiga dan keempat
200.000


1 comment:

Mohon komentar sahabat demi kemajuan blog ini.
Terima kasih ^^

Followers